“Eksekusi” Hibah Internal Tahun 2023, Tim Pengabdian Gelar Workshop di Desa Sangiang

Bima, suaraberadab.com – Tim Dosen Penerima Hibah Internal STKIP Taman Siswa (Tamsis) Bima sukses menggelar Workshop dengan Tema “Peningkatan Pemahaman Komunitas Lokal Dalam Penyelenggaraan Kegiatan Olahraga Tarkam Di Desa Sangiang” (30/11).  Dengan menggandeng Dosen dari Prodi Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR)  yaitu Dr. Rabwan Satriawan, M.Pd., AIFO dan Mulyadi, S.Or., M.Pd dalam memberi kiat-kiat dalam proses penyelenggaraan Tarkam baik  bagi Panitia Pelaksana, Official, maupun Pemain. Workshop ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Masyarakat, dalam rangka menyelenggarakan turnamen-turnamen olahraga.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini, merupakan Hibah dengan skema pemberdayaan berbasis masyarakat yang pendanaannya bersumber dari dana internal Yayasan Sudirman Pendidikan Taman Siswa Tahun Anggaran 2023. Keanggotaannya terdiri  dari, Anhar, M. Pd (Ketua Tim), Muhamad Ajwar, M. Pd., dan Ewan Irawan, M. Pd. Kegiatan tersebut turut dihadiri  sejumlah pihak seperti Pemerintah desa, Karang Taruna, Ketua Pemuda, Pemain dan Pengurus Persatuan Sepakbola (PS). Sangiang, serta Guru-guru olahraga di sekolah setempat. 

Dihadapan 35 peserta, Ketua Tim pengabdian, Anhar, M. Pd mengakui atas potensi besar dari Desa Sangiang dalam hal olahraga terutama dalam cabang olahraga sepak bola, antusiasme dan fanatiknya masyarakat desa sangiang sangat luarbiasa dan terbukti dengan banyaknya bibit-bit pemain sepak bola yang selama ini telah lahir dari desa ini.

 “Kelanjutan kegiatan ini memberikan pelatihan secara berkala untuk Pemuda dan Karang Taruna terkait peraturan perwasitan dan peraturan pertandingan. In shaa allah, kegiatan ini direncanakan 1 kali dalam 2 pekan karena mengingat selama ini desa sangiang cukup aktif dalam mengadakan kejuaraan antar dusun maupun tarkam di berbagai cabang olahraga,”Jelas Anhar melalui wawancara singkat via WhatsApp tempo lalu.

Pada kesempatan ini, Sekertaris Desa, Sahrani, Ucapan terima kasih kepada tim dosen STKIP Taman Siswa Bima yang telah memilih  desa sangiang sebagai mitra. Sahrani juga mengaku bahwa desa sangiang dan STKIP tamsis sudah sangat erat hubungannya karena mengingat banyak generasi muda sangiang yang melanjutkan kuliah di STKIP Tamsis. “semoga dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan pemahaman lebih mendalam terkait bagaimana mengadakan turnamen lebih efektif dan aman,” ungkapnya.

Selanjutnya Pengurus PS. Sangiang, Erwin, S.Pd, menambahkan, melalui kegiatan Workshop tersebut dapat mempererat hubungan tali silaturahmi dan  kolaborasi antara desa sangiang dan STKIP Tamsis Bima. “Mengingat dari tahun ke tahun anak muda desa sangiang banyak yang melanjutkan kuliah di STKIP Tamsis dan khususnya di cabang olahraga sepak bola disetiap tahunnya tetap ada mahasiswa yang berasal dari desa sangiang yang memperkuat PS. Tamsis yang merupakan club sepak bola kebanggaaan STKIP Tamsis yang eksistensinya sudah tdak diragukan lagi baik di kota maupun kabupaten bima, kemudian semoga kolaborasi ini bisa terus berlanjut mungkin dengan mengadakan STKIP Tamsis Cup atau melibatkan dosen-dosen PJKR yang memiliki lisensi perwasitan dan lisensi pelatih untuk mengadakan acara sosialisasi lebih lanjut terkait turnamen, peraturan pertandingan serta peraturan permainan agar pecinta sepak bola serta penggemar sepak bola lebih paham terkait hal itu,” ujarnya. (indri/tim)

Pos terkait