Dapat Kunjungan Literasi SDN Rabakodo, Perpus Beradab Siapkan Story Telling Hingga Eksplorasi Taman Literasi

Bima, Suaraberadab.com – STKIP Taman Siswa Bima (Tamsis) melalui Tim Gerakan Masyarakat Sadar (Gemar) Literasi sukses meningkat literasi dasar. Upaya untuk mempertahankan capaian tersebut juga gencar dilakukan. Baik melalui peningkatan kapasitas dosen, mahasiswa, maupun penguatan program bertema literasi.

Perpustakaan (Perpus) Beradab, sebagai salah satu penyedia jasa literasi di STKIP Tamsis Bima tidak ketinggalan menggelar sejumlah program. Di antaranya, membangun komitmen dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bima melalui Program Literasi Anak Sambil Wisata (Lasita). Sebagai pengimbasan dari program tersebut, Perpus Beradab menerima kunjungan literasi dari SDN Rabakodo.

Kedatangan pihak sekolah dengan sejumlah guru dan siswanya tersebut diterima sacara hangat oleh tim Perpus. Saat berkunjung, siswa disuguhi buku-buku anak yang telah disediakan oleh tim  Perpus, dan story telling sembari mengeksplorasi taman literasi beradab. Kegiatan ditutup dengan pemilihan duta literasi siswa SDN Rabakodo oleh Putri literasi nasional, Mila Septian Haryati, M.Ed.

“Harapannya melalui kunjungan literasi ini, dapat menciptakan generasi yang melek dan sadar akan literasi sejak usia dini. Hal ini tentunya harus dimulai dari usia-usia belia dalam proses penenaman rasa cinta kepada dunia literasi,” ujar Mila Septian Haryati yang juga merupakan PLH Perpus Beradab pada media ini, 13/9/2023.

Sementara itu, tim Perpustakaan yang betugas menyampaikan ucapan terimakasih pihak SDN Rabakodo atas inisiatif dan menjadi pelopor kegiatan sekolah kunjung. Pada dasarnya, sekolah kunjung merupakan salah satu program Perpustakaan Beradab tahun 2023. Menjadi sarana kolaborasi pertama dengan SDN Rabakodo.

“Harapannya, semoga sekolah kunjung ini dapat menjadi program yg bermanfaat bagi sekolah-sekolah yg ada di Kabupaten Bima. Dan sekolah kunjung ini menjadi upaya dalam menjadikan Perpustakaan Beradab STKIP Taman siswa sebagai perpustakaan inklusi (menjamin) kesejahteraan untuk semua,” pungkas lulusan Malaysia itu.

Untuk diketahui, STKIP Tamsis Bima menerima kunjungan literasi dari SDN Rabakodo, 8/9/2023. Kepala SDN Rabakodo, Dra. Syahraini mengaku bahwa kunjungan literasi merupakan salah satu program wajib bagi SDN Rabakodo dalam menumbuhkan rasa cinta literasi pada anak didiknya. (tim)

Pos terkait