Kiprah Relawan Literasi, STKIP Taman Siswa Bima dapat Apresiasi dari Dinas Dikbud Privinsi NTB

Bima, Suaraberadab.com – Jumat, 23 Desember 2022 bertempat di Pendopo Bupati Dompu, Wakil Gubernur NTB Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Dzalilah, M.Pd bersama Kepala Dinas Dikbud Provinsi dan Jajaran Kepala Dinas lain di Provinsi NTB menerima sejumlah Relawan literasi di NTB khususnya Relawan Literasi Bima Dompu. Adapun Tujuan dari Kegiatan tersebut adalah para relawan ingin berbagi cerita baik terhadap kiprah yang para relawan lakukan selama ini agar pemerintah dapat mengetahui bahwa ada begitu banyak anak muda di NTB yang bebrbuat untuk membantu meningkatkan kecakan dasar siswa di desa-desa dan sekolah terpencil. Dari kegiatan tersebut para Relawan menceritakan perjalan relawan literasi di Bima-Dompu, Metode dan alat asesmen yang digunakan saat pendampingan anak-anak, data capaian, hambatan dan tantangan selama mendapingi siswa. Ibu Wakil Gubernur menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada para relawan karena bisa bergerak tanpa pamrih termasuk yang dilakukan oleh STKIP Taman Siswa yang menggerakan lebih dari 500 mahasiswa setiap tahun untuk mengajari dan mendampingi anak-anak yang mengalami hambatan terberat melalui program PPL KKN.
Kegiatan Program Relawan Literasi itu sendiri merupakan program kerja sama antara Asosiasi Dosen Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) di Provinsi NTB dan Konsorsium NTB Membaca (KNTBM), yang dijalankan dengan fasilitasi dari program kemitraan pemerintah Australia dan Indonesia, yaitu INOVASI. Program RELASI ini ditujukan untuk memperkuat kompetensi relawan dalam mempertahankan dan meningkatkan kemampuan literasi siswa sekolah dasar secara inklusif. STKIP Taman Siswa Bima sendiri Sejak tahun 2020 hingga sekarang aktif melaksanakan kegiatan Relawan Literasi yang di integrasikan dalam kegiatan PPL KKN. Relawan Literasi yang awal mulanya di fasilitasi oleh INOVASI (Program Kemitraan Pemerintah Indonesia-Australia) sebagai upaya meningkatkan literasi di Kabupaten Bima melalui pendampingan siswa yang memiliki hambatan terberat pada kemampuan dasar di desa-desa tempat mahasiswa melaksanakan Kegiatan PPL KKN. Selama melaksanakan kegiatan Relawan literasi banyak praktik dan cerita baik yang dihasilkan. Hal itu lah yang turut diceritakan pada pertemuan tersebut. dan terhadap kiprah tersebut Dinas Dikbud Provinsi NTB memberikan apresiasi kepada STKIP Taman Siswa Bima yang serahkan langsung oleh Wakil Gubernur NTB.
Dari kegiatan tersebut para Relawan berharap pemerintah bisa membangun semangat kerelawanan untuk literasi sehingga NTB bisa bebas buta huruf dan Rapor Pendidikan NTB bisa meningkat. Pemerintah diharapkan bisa menengok kegiatan para relawan meski di daerah terpencil. Dikarenakan Relawan Literasi diyakini sangat efektif untuk membantu anak-anak dalam meningkatkan kemampuan literasinya maka STKIP Taman Siswa Bima berkomitmen akan terus berkontribusi dalam meningkatan kecakapan dasar siswa di Kabupaten Bima salah satunya melalui kegiatan Relawan Literasi. (Ulasan Anisah, M.Pd/Dosen dan Penggerak Literasi STKIP Taman Siswa Bima).

Pos terkait