Cerita Husnul Khatimah, Mahasiswi Tamsis yang Sukses Raih Best Presentation Diajang SYE Hingga Lolos Jadi Panitia Pengabdian Batch 3 Diajang YFI

Gambar (ist): Husnul Khatimah, mahasiswa Prodi Pendidikan Maematika STKIP Taman Siswa Boma

Bima, Suaraberadab.com – Tulisan kali ini adalah tentang mahasiswa yang “ganas” mencetak capaian; Husnul Khatimah. Pundi ketertarikannya pada literasi membangkitkan semangatnya untuk mengikuti event-event serupa. Setelah lolos menjadi Duta Baca STKIP Taman Siswa Bima (Tamsis Bima), ia kemudian mendaftarkan diri untuk mengikuti ajang Pemilihan Duta Literasi Nasional 2022 yang diselenggarakan oleh Sasambo Youth Education (SYE). Diajang tersebut, ia sukses menjadi finalis dan mendapatkan anugerah sebagai Best Presentation. Tak puas dengan itu, ia mengikuti seleksi sebagai Panitia Pengabdian Batch 3 yang diselenggarakan oleh Youth for Indonesia (YFI). Hasilnya, lolos menjadi panitia di divisi Humas.

“Dua bulan sebelum KKN, saya mendaftar Pemilihan Duta Literasi Nasional 2022 untuk menjadi Putra Putri Literasi Nasional 2022 yang diselenggarakan oleh Sasambo Youth Education. Seleksi ini berlangsung sejak 19 Juni sampai 17 September 2022. Alhamdulillah, karena lolos tahap berkas dan wawancara, saya dan peserta lain mengikuti karantina,” ceritanya pada saat dihubungi media ini via akun whatsappnya, Selasa (27/9/2022).

Karantina tersebut awalnya akan diselenggarakan secara offline di Mataram, tetapi karena suatu alasan dari panitia, kegiatannya dilakukan secara online pada 24-25 September 2022.

“Di malam penganugerahan alhamdulillah masuk dalam 3 nominasi best performance, best presentation dan peserta terfavorit. Dari 3 nominasi tersebut menjadi pemenang di nominasi best presentation,” tulisnya.

Selain itu, ia dan dan rekan finalis lainnya menjalankan Proker masing-masing sebagai Putra Putri Literasi Nasional 2022 secara offline maupun online hingga Desember tahun ini. Dari pencapaian tersebut, tentunya ada banyak hal yang dipersiapkan. Mulai dari berkas penting, menyusun proker yang menarik, membuat video penampilan minat bakat hingga belajar untuk lomba debat literasi pada saat karantina.

“Ini semua tidak terlepas dari dosen-dosen yang baik hati membantu dan membimbing serta Kampus tercinta STKIP Taman Siswa Bima yang mendukung dan mensponsori saya mengikuti kegiatan ini,” timpalnya.

Selain itu, mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika ini juga mengikuti seleksi Panitia Pengabdian Batch 3 yang diselenggarakan oleh Youth for Indonesia (YFI).

“Saya pun lolos dan menjadi panitia di divisi Humas, setelah dinyatakan lolos ditahap berkas dan wawancara yang dilaksanakan sejak 13-24 September,” imbuhnya.

Diakuinya, pengalamannya berorganisasi yang menjadi faktor terbesar dirinya bisa lolos seleksi wawancara.

“Persiapan yang saya lakukan di pemberkasan saja, karena pada wawancara saya banyak ditanya mengenai pengalaman menjadi panitia, berorganisasi, pengabdian yang saya ikuti dan pencapaian yang saya raih. Pengabdian batch 3 ini akan diselenggarakan di Tambora awal tahun 2023 nanti,”

Ia berharap, kegiatan yang dirancang dan diikuti dapat terlaksana dengan baik dan berjalan lancar.

“Dengan hadirnya saya sebagi Putri Literasi Nasional dan ikut menjadi bagian dari pengabdian ini akan membawa dampak baik bagi saya dan orang banyak, khususnya ada peningkatan terkait Literasi di daerah saya. Doa kan saya Amanah,” tutupnya. (RF*)

Pos terkait