Keren, Kali Kedua Tamsis Beradab Dipilih oleh Rumah Bahasa NTB untuk Menggelar TOEFL Intensive Course

Bima, Suaraberadab.com – STKIP Taman Siswa Bima atau yang dikenal dengan Tamsis Beradab kembali melakukan kolaborasi yang luar biasa. Tahun ini, Tamsis Beradab dipilih oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan NTB (LPPNTB) dan Rumah Bahasa sebagai pelaksanaan TOEFL Intensive Course Rumah Bahasa 2024. Kegiatan yang merupakan hasil kerja sama dengan LPPNTB ini yang dimulai pada tanggal 2 Juli hingga 2 Agustus 2024.

Program ini diadakan di Kampus 1 Tamsis Beradab dan diikuti oleh 22 peserta dari internal dan eksternal Tamsis. TOEFL Intensive Course ini mencakup 45 pertemuan intensif, dengan dua sesi setiap harinya, yang dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang berbagai aspek tes TOEFL.

Bacaan Lainnya

Para peserta berkesempatan untuk belajar dari para tutor berpengalaman, yaitu Syarif Husni, M. AppLing., Ramli, M.Pd., Ika Suciwati, M.TESOL., dan Ika Irawati, M.Pd. Seluruh tutor adalah dosen Bahasa Inggris STKIP Taman Siswa Bima yang memiliki kualifikasi tinggi dan dedikasi dalam mengajar.

Kegiatan dimulai dengan placement test pada tanggal 2 Juli 2024, yang bertujuan untuk mengukur kemampuan awal peserta. Selama program berlangsung, peserta mengikuti kelas intensif dengan penekanan pada pengembangan keterampilan listening, reading, dan structure and written expression (SWE). Setiap minggunya, peserta juga mendapatkan review dari Rumah Bahasa NTB untuk memastikan kemajuan belajar mereka. Program ini direncanakan ditutup dengan post-test yang dijadwalkan pada tanggal 2 Agustus 2024.

Dalam sambutannya, Ramli, M.Pd., yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua 3 Tamsis Beradab itu, mengungkapkan harapannya agar peserta berkomitmen penuh dalam mengikuti program ini. “Kami berharap semua peserta dapat mengikuti program ini dengan sepenuh hati sebagai bekal untuk mendaftar beasiswa S2/S3 baik di dalam maupun luar negeri,” ujarnya.

Ferbian Ibrahim, salah satu peserta yang juga mahasiswa semester 8 jurusan Bahasa Inggris di Tamsis Beradab, berbagi pengalamannya. “Program TOEFL di STKIP Taman Siswa sebenarnya sudah ada sejak lima bulan lalu, namun kali ini berkolaborasi dengan Rumah Bahasa NTB. Saya mendaftar karena membutuhkan sertifikat untuk mendaftar beasiswa S2. Program ini sangat bagus, karena saya dapat mempelajari setidaknya tiga skills bahasa Inggris yang diuji dalam tes TOEFL. Selain itu, biasanya di akhir kelas listening dengan Ms. Ika Suciwati, M.TESOL., kami berlatih speaking dan conversation.”

Peserta yang memenuhi syarat kehadiran minimal 75% akan mendapatkan beasiswa untuk mengikuti tes TOEFL resmi dari Pemerintah Provinsi NTB. Sertifikat yang diperoleh diakui secara resmi dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan, baik melamar beasiswa maupun sebagai syarat promosi jabatan pada pekerjaan tertentu.

Dipilihnya Tamsis Beradab sebagai pihak penyelenggara oleh Rumah Bahasa NTB adalah salah satu bentuk pengakuan Provinsi NTB pada kampus yang akan berumur 17 tahun pada tahun ini. Tamsis Beradab terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan peluang lebih besar bagi mahasiswa dan masyarakat Bima untuk meraih beasiswa ke luar negeri. (Tim)

Pos terkait