Wujudkan Green Kampus dan Edu Tourism, Mahasiswa Matkul Pendidikan Lingkungan Tanam Pohon Hias

  • Whatsapp

Bima, Suaraberadab.com – Ada yang menarik dari mahasiswa peserta matakuliah (Matkul) Pendidikan Lingkungan Hidup, semester 3, Prodi PGSD STKIP Taman Siswa kali ini. Gelar aksi nyata peduli lingkungan, 120 mahasiswatersebut melakukan penanaman pohon hias di area kampus. Penanaman tersebut adalah wujud upaya mewujudkan green kampus dan Edu Tourism.

Menurut dosen pengampu matkul tersebut, Zulharman, M.Ling, bahwa kegiatan penanaman pohon ini merupakan salah satu bentuk tugas matakuliah pendidikan lingkungan hidup. Penanaman pohon tersebut untuk memperindah kampus sekaligus mewujudkan kampus edu tourism.

“Tanaman yang di tanam antara lain berbagai jenis cemara, ketapang kencana, kayu putih, bunga pucuk merah, puring, asoka, brokoli kuning dan lain-lain. Tanaman tersebut sengaja di tanam agar ke depan suasana kampus menjadi indah, ditambah lagi gazebo-gazebo yang sudah ada menambah suasana nyaman di kampus sehingga STKIP Taman Siswa. Bukan hanya sebagai tempat belajar namun juga tempat wisata sehingga dikonsepkan sebagai green kampus edu tourism,” jelasnya pada media ini, Senin (21/11/2022).

Penataan kampus tersebut merupakan upaya yang terus dilakukan oleh STKIP Taman Siswa Bima sehingga kampus terasa nyaman dan kondusif sebagai tempat tri dharma PT. Kedepannya, setiap organisasi tata kelola (OTK) lingkup kampus setempat kebagian jatah untuk merawat tanaman hias tersebut. Seperti yang diketahui, STKIP Taman Siswa Bima sejak beberapa tahun yang lalu telah fokus pada kesadaran akan lingkungan. Melalui program PPL-KKN Terpadu, target demi target terus dituai hasilnya.

Pada sejumlah kesempatan, ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si., jua kerap mengingatkan tentang pentingnya kepedulian pada lingkungan hidup. Meski dirinya juga dasar bahwa antara ekonomi dan ekosistem memiliki ruang yang nyaris selalu bersebrangan. Karenanya, tanpa diawali dengan kesadaran, tidak akan ada kepedulian pada lingkungan. (*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60