Adakan Workshop Penulisan Tugas Akhir, Kaprodi Bahasa Inggris Targetkan Mahasiswa Bisa Lulus Sarjana 3,5 Tahun

  • Whatsapp

Bima, Suaraberadab.com – Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menggelar Workshop Penulisan Tugas Akhir yang dirangkaikan dengan Sosialisasi Buku Pedoman Penulisan Tugas Akhir di Ruang BERADAB (18/11/2022). Acara yang dihajatkan sebagai langkah mendorong mahasiswa Prodi Bahasa Inggris untuk lebih baik dan cepat dalam menyusun Tugas Akhir atau Skripsi tersebut diikuti oleh seluruh mahasiswa semester 5 dan 7 Prodi Bahasa Inggris. Selain mahasiswa, kegiatan juga diikuti oleh semua dosen tetap Prodi Bahasa Inggris.

Tak tanggung-tanggung, kegiatan sosialisasi dan workshop diisi oleh pemateri-pemateri yang luar biasa dan sangat mumpuni di bidang masing-masing. Sosialisasi Buku Pedoman Penulisan Tugas Akhir disampaikan oleh Wakil Ketua I STKIP Taman Siswa Bima, Dr. Syarifudin, M.Si. Pemateri kedua yang dihadirkan adalah Khusnul Khatimah, MA yang membahas tentang Jenis Penelitian Bahasa dan Pengembangan Teori dalam Penelitian. Khusnul adalah dosen Bahasa Inggris yang sedang menyelesaikan pendidikan Doktor di Universitas Gajah Mada (UGM). Fitria Sarnita, M.Pd didaulat sebagai pemateri ketiga pada kegiatan tersebut. Dosen dengan segudang penelitian tersebut didapuk untuk membawakan materi tentang Penguatan Kerangka Berpikir Ilmiah, Kutipan, dan Parafrase dalam Karya Tulis Ilmiah. Kolaborasi ketiga pembicara menjadikan acara workshop sebagai acara yang sangatlah rugi jika terlewatkan.

Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Ramli, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara tersebut sangatlah penting untuk dilaksanakan mengingat adanya perubahan pada Buku Pedoman Penulisan Tugas Akhir.

“Prodi Bahasa Inggris harus lebih responsif dengan perubahan Buku Pedoman sehingga butuh segera disosialisasikan baik kepada Dosen maupun mahasiswa sehingga proses penulisan Tugas Akhir dapat dilaksanakan lebih cepat” tutur akademisi yang biasa disapa Mr. Leo tersebut.

Salah satu peserta workshop, Alfani Wulandari, yang merupakan mahasiswa semester 7 mengungkapkan rasa syukur akan kegiatan tersebut.

“Terima kasih kepada Prodi Bahasa Inggris yang telah mengadakan kegiatan yang bagus ini. Jujur, setelah mengikuti kegiatan ini, saya jadi lebih paham tentang penyusunan skripsi sehingga saya jadi lebih siap. InsyaAllah semester ini saya sedang merampungkan judul penelitian dan semester depan bisa langsung action” tuturnya.

Kegiatan tersebut juga diharapkan mampu mendorong mahasiswa Prodi Bahasa Inggris agar bisa selesai sarjana dalam waktu 3.5 tahun. “Kita coba kejar target meluluskan mahasiswa dalam waktu 3.5 tahun” tambah Kaprodi Bahasa Inggris.

Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si., memberi apresiasi pada kegiatan tersebut. Kepada Prodi, dia berharap agar terus menunjukkan prograsnya. “Terus mendorong usaha Progress tiap Prodi, Dan selalu memperbaharui Jenis Dan Pedoman penulisan Tugas Akhir agar terus disesuaikan dengan Konteks kekinian dengan continuous improvementSH,” ungkapnya.

Seperti diketahui, saat sekarang ini terbuka peluang mahasiswa dapat lulus sarjana dalam waktu 3.5 tahun sesuai ketentuan dari Kemdikbudristek.(SH*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60