Mila Septian Haryati si Penulis yang Kini Terpilih Jadi Putri Literasi Nasional 2022

  • Whatsapp
Gambar (ist): Mila Septiani Haryati, M.Ed., ketika mendapatkan penghargaan via Daring.

Bima, Suaraberadab.com – Adalah Mila Septian Haryati, M.Ed., dosen muda di STKIP Taman Siswa Bima (Tamsis Bima) yang giat menulis sejak 2018, terpilih menjadi Putri Literasi. Program pemilihan pemilihan Putra-Putri Literasi Nasional tersebut diselenggarakan oleh Sasambo Youth Education (SYE) sejak 13 Juni sampai 25 September 2022.

“Alhamdulillah, saya (Mila Septian Haryati, red) mendapatkan nominasi sebagai Putri Literasi Nasional pada kegiatan yang diselenggarakan oleh Sasambo Youth Education (SYE) sejak 13 Juni sampai 25 September 2022,” ujar perempuan yang akrab disapa Mila itu pada media ini di Perpustakaan Beradab STKIP Tamsis Bima, Selasa (27/9/2022).

Untuk peserta yang mendaftar, kata Mila, sejumlah 3 peserta dari NTB, 1 peserta dari Sulawesi Tenggara, 1 peserta dari NTT, 1 peserta dari Kalimantan Selatan, 1 peserta dari Jawa Timur, 1 peserta dari Jawa Tengah, dan 1 peserta dari Gorontalo. Setelah mendaftar di gelombang pertama pada 13 – 25 Juni 2022, dirinya sukses lolos ke sesi debat literasi sebelum akhirnya dinobatkan menjadi putri Literasi Nasional.

“Untuk kategori Putri Literasi yang dipilih adalah, Mila Septian Haryati dari NTB. Dan untuk kategori Putra Literasi yang terpilih adalah, Ahmad Ammirul Wildan dari Provinsi Jawa Tengah,” ulangnya menegaskan.

Ia mengaku sangat bersyukur kepada Allah, karena telah menjadi bagian dari pemilihan Putra-Putri Literasi Nasional itu. Saat mengikuti tahapan seleksi, dirinya menerima banyak pelajaran. Mulai dari mengikuti seleksi berkas, wawancara hingga penentuan akhir melalui debat literasi antar peserta.

Alhamdulillah, di ketiga tahapan tersebut panitia memberikan penghargaan kepada Mila dalam beberapa kategori. Pertama, sebagai best team dan pemenang debat literasi. Saat itu, saya di pasangkan dengan salah seorang putra literasi dari Sulawesi Tenggara, Arpan Asis. Ya kami berdua tim dan Alhamdulillah berhasil menjadi best team dan pemenang debat literasi,” jedanya seraya lanjut menjelaskan penghargaan yang juga diraih,

“Kemudian juga terpilih menjadi Best Speaker, hingga akhirnya, dipentuan akhir atas izin Allah, doa dan dukungan dari orang tua, keluarga, khususnya STKIP Taman Siswa Bima, Mila terpilih menjadi Pemenang Putri Literasi Nasional, 2022. Pada masa jabatan Putri Literasi Nasional, dan Putra Literasi Nasional dimenangkan oleh Ahmad Amirul Wilda dari Jawa Tengah,” tuturnya bangga.

Ia berharap, mempu menjalankan amanah baru yang diberikan sebagai Putri Literasi Nasional, bersama dengan rekannya Putra Literasi Nasional, Ahmad Amirul dari Provinsi Jawa Tengah. “Semoga kami dapat berkolaborasi membangun semangat, menciptakan dampak yg baik serta memberi  inspirasi bagi masyarakat khususnya pemuda akan  pentingnya literasi dalam kehidupan,” pungkas Mila.

Sebagai informasi, kegiatan yang diikuti Mila tersebut mulai dengan sesi pendaftaran pada 13 – 25 Juni 2022, sedang pendaftaran gelombang 2 itu pada 25 Juni – 31 Juli 2022 dimana salah satu mahasiswa STKIP Tamsis Bima, Husnul juga mendaftar. Penguman seleksi berkas pada 16 September. Peserta yang lolos tahap 1 ada 9 orang dari berbagai provinsi di Indonesia. Berikutnya seleksi wawancara pada 17-18 September 2022. Masa Karantina online 2 hari, 24 September – 25 September 2022. Debat Literasi di tgl 25 September 2022 untuk penentuan yang masuk ke babak final. Dan, 25 September 2022 pengumuman Putra- Putri Literasi Nasional 2022. (RF*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60