Hari Pertama Kuliah, Ketua Tamsis Bima Semangati Mahasiswa

  • Whatsapp
Gambar (Rizal): Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si., saat memberikan pengarahan pada sejumlah Civitas Akademika di hari pertama kuliah, Senin (19/9/2022).

Bima, Suaraberadab.com – Hari pertama kuliah setelah hampir 3 bulan mahasiswa libur perkuliahan, tentu bukan perkara mudah untuk memotivasi diri. Perlu bahan bakar yang kuat untuk menyemangati diri mahasiswa. Itulah yang dilakukan oleh Ketua STKIP Taman Siswa Bima (Tamsis Bima) Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si., pada mahasiswa dan dosen di halaman gedung perkuliahan, Senin (19/9/2022).

Kepada sejumlah civitas akademika yang dipimpinnya, Pria yang akrab disapa Dr. Ibnu tersebut mengingatkan bahwa mahasiswa tidak hanya belajar di kelas saja. Tetapi harus menggali dan menguatkan skill lain di luar perkuliahan.

“Karena nanti, saat anda-anda lulus, harus keluar dengan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI, red). Jika hanya berharap pada perkuliahan di dalam kelas, maka tidak cukup bagi kita untuk mengembangkan diri,” tekannya.

Gambar (Rizal): Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si., saat memberikan pengarahan pada sejumlah Civitas Akademika di hari pertama kuliah, Senin (19/9/2022).

Sebagai bentuk support kampus dalam peningkatan kapasitas diri mahasiswa, telah ada Perpus digital yang bisa dikunjungi untuk mencari referensi, taman belajar dan juga area bebas rokok. “Untuk mahasiswa semester 3 dan 5, harus mampu melakukan pengembangan diri sejak dini. Mencicil skripsi. Mahasiswa harus memiliki target untuk maju,” timpal Dr. Ibnu.

Selain itu, dia juga menekankan tentang adab. Karena, sambungnya, mahasiswa harus mampu menanam kebaikan, sehingga menjadi contoh bagi orang lain dan lingkungan terdekat. “Meski berada dalam masa sulit (covid 19, red) kita harus terus memotivasi diri. Nah, usia (STKIP) Tamsis Bima sudah 15 tahun. Kita harus mampu merefleksikan diri. Bagaimana kampus ini tumbuh dan berkembang dari kondisi yang jauh dari tampilan saat ini,” tutupnya. (RF*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60