Asesor BAN PT Puji Semangat Tim STKIP Tamsis Bima saat Asesmen secara Daring AIPT

  • Whatsapp
Ketua STKIP Tamsis Bima Memimpin Tim STKIP Tamsis Bima saat Asesmen secara Daring AIPT oleh BAN PT, 15-16 Agustus 2022.

Bima, Suaraberadab.com— Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), Prof Dr Anna Permanasari M.Si memuji semangat tim Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Taman Siswa (STKIP Tamsis) saat kegiatan asesmen lapangan dalam jaringan (Daring)  selama dua hari, 15-16 Agustus 2022.

Tim asesor, Prof Dr Anna Permanasari M.Si menjelaskan, asesmen memotret kegiatan yang dilakukan civitas akademika. Selain itu, tim asesor juga membina dan berbagi arahan berkaitan potensi yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan kinerja perguruan tinggi.

Bacaan Lainnya
banner 300250

“Jadi, ibu dan bapak kalau saya boleh memotret sedikit saja apa yang terjadi dalam dua hari ini, yaitu saya melihat ada kesungguhan dari ibu dan bapak untuk memastikan bahwa STKIP (Tamsis) ini patut diperhitungkan di wilayah ini,” ujar Prof Anna.

Diakui Prof Anna, semangat tim STKIP Tamsis Bima luar biasa saat asesmen lapangan dalam jaringan (Daring) berkaitan akreditasi institusi perguruan tinggi (AIPT).

“Saya melihat semangatnya sangat luar biasa sekali, tapi perlu diingat bahwa semangat ini harus diikuti dengan upaya nyata,” ujarnya.

Prof Anna juga memberi saran kepada tim STKIP Tamsis Bima dalam menyimpan dokumen pendukung, dengan memanfaatkan website maupun penyimpanan online (cloud storage) seperti layanan Google Drive, sehingga memudahkan saat membutuhkan data tersebut untuk mendukung kegiatan asesmen.

“Jadi mulai sekarang kita simpan slotnya, directory dosen, kepakaran dosen. Simpan semua di situ,” sarannya.

Sementara itu,  lektor pada Prodi Bahasa Inggris STKIP Tamsis Bima, Suratman, S.Pd., M.Pd.B.I menjelaskan, dari tahun ke tahun –Kampus Merah— STKIP Tamsis meningkat menjadi lebih baik, dari aspek dosen maupun mahasiswa.

Suratman mengungkapkan, harapan yang paling penting yang hendak diwujudkan – Kampus Merah— STKIP Tamsis Bima, menyesuaikan program dengan visi go international.

“Agar implementasi go internasional itu bisa berkelanjutan dari segi tri dharma, mungkin bisa nanti mahasiswa ada keberlanjutan, ada kegiatan tukar menukar pembelajaran, yaitu dari segi pengabdian. Misalnya mahasiswa Malaysia magang di sini dan begitu juga sebaliknya,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, salah satu mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Tamsis Bima yang diwawancarai tim asesor BAN PT mengungkapkan rasa puas menempuh kuliah di Kampus Merah.

Sejumlah pengalaman yang menyenangkan bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Tamsis Bima, di antaranya melaksanakan kegiatan kuliah di dalam ruangan dan luar ruangan. Misalnya melalui kegiatan mengunjungi sejumlah sekolah dan diasah kemampuan (skill) komunikasi Bahasa Inggris melalui program language clinic.

“Jadi di luar kelas kami diajarkan Bahasa Inggris mulai dari kelas yang basic (dasar), kemudian intermediate sampai kelas public speaking. Selain itu juga, kami ada tour selama tiga hari yang dikhususkan untuk mahasiswa yang baru naik ke semester III,” ujar Madinatul Hujah.

Bagi  Miss Hijab Indonesia perwakilan NTB ini, bertutur langsung dengan wisatawan mancanegara (pelancong) saat kegiatan english camp merupakan pengalaman yang menyenangkan selama menempuh kuliah di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Tamsis Bima.

“Itu merupakan pengalaman yang sangat luar biasa yang kami dapatkan selama kami kuliah di STKIP Tamsis ini,” ujarnya.

Katua STKIP Tamsis Bima, Dr Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si, mengungkapkan rasa syukur, tim STKIP Tamsis Bima mampu menyelesesaikan seluruh tahapan asesmen lapangan dalam jaringan (Daring) dalam rangka akreditasi institusi perguruan tinggi (AIPT). “Akhirnya kita bisa selesai juga, diawali dengan pembukaan,” ujarnya.

Dr Ibnu mengungkapkan, saat asesmen kali ini, melibatkan seluruh dosen dan pegawai, sehingga seluruh tim dapat merasakan atmosfer saat kegiatan asesmen.

Adapun tim asesor BAN PT yang melaksanakan asesmen lapangan dalam jaringan terhadap STKIP Tamsis Bima selama dua hari, 15-16 Agustus 2020, yaitu Prof Dr Anna Permanasari M.Si dari Universitas Pendidikan Indonesia, Prof Dr Endry Boeriswati M.Pd dari Universitas Negeri Jakarta dan Dr Ngadiso, M.Pd dari Universitas Sebelas Maret. [FH]

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60