Mr. Ramli, di Balik Disiplinnya Dosen & Mahasiswa Bahasa Inggris

  • Whatsapp
Gambar (ist): Mr. Ramli

Dosen STKIP Taman Siswa Bima memang is the best. Salah satunya adalah Ramli M.Pd. Pria termanis yang ada di STKIP Taman Siswa Bima. Sosok ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Pekerja keras dan sangat tegas ini sukses menanamkan kedisiplinan terhadap dosen dan mahasiswanya. Berikut profilnya.

Penulis : Muhammad Fazrin

Menjadi dosen sekaligus menjabat sebagai Ketua prodi tentunya dia adalah orang yang gagah dan tentunya sangatlah Hebat. Harus memiliki pemikiran yang dewasa, Memiliki jiwa sosial yang tinggi, harus  memiliki kecakapan dalam berkomunikasi, Mempunyai pengalaman dan wawasan yang luas. Karena apa yang di sampaikan akan mempengaruhi presepsi dosen dan mahasiswa pendidikan bahasa inggris. Peran ketua sungguh sangatlah penting karena harus menyesuaikan diri dengan dosen sekaligus mahasiswa. Bukan hanya itu, Ketua Prodi diwajibkan memiliki sikap tegas agar setiap aturan yang sudah ditetapkan bisa dijalankan dengan baik.

Inilah peran sosok yang akrab disapa Mr. Leo dalam menumbuhkan kedisiplinan. Tidak hanya memberikan aturan yang tegas. Akan tetapi ia juga membuktikan bahwa kedisiplinan adalah sesuatu hal yang sangat penting dan perlu di tanamkan kepada setiap insan. Dengan memperlihatkan segudang prestasi dosen bahasa Inggris itu mampu membuktikan bahwa kedisiplinan yang ia tanamkan pada dirinya membuahkan hasil yang sangat positif untuk kehidupannya.

Laki laki kelahiran 1988 memiliki sikap tegas dan selalu mentaati peraturan. Ia adalah dosen favorite sekaligus panutan bagi mahasiswa.

Pada 2017 lalu, Mr. Leo bergabung dengan kampus yang dijuluki dengan Kampus Merah. dia telah membekali diri dengan pengetahuan serta pengalaman yang wow disegala bidang, khususnya kegiatan berskala internasional. Seperti menjadi Adjudicator of National Univercity English Debating Champhionship 2017 in Sekolah Tinggi Perhotelan Bali internasional (STPBI), Adjudicator of National Univercity English Debate Champhionship 2018 in Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bali (STIKES), Adjudicator of National Univercity English Debating Champhionship 2019 in Sekolah Tinggi Perhotelan Bali internasional (STPBI).

Pria kelahiran Bontokape ini pernah menjadi Instructure of “RUMAH BAHASA NTB”, Religion Kabupaten Bima 2019, Ia juga pernah menjadi kepala kantor Urusan internasional (KUI) STKIP Tamsis Bima sekaligus menjadi pimpinan tim lima yang mempunyai kesempatan belajar di Malaysia selama dua pekan.

Pria gagah ini sangat pintar dalam meramu kata-kata dan ahli dalam public speaking. Dia sering menjadi MC pada kegiatan kegiatan penting yang ada di kampus. Serta aktif menjadi pemateri di kegiatan kegiatan organisasi Ikatan Mahasiswa Muhamadiyah (IMM).

Ramli pernah mengisi kuliah Tamu dengan materi Public Speaking di PICOMS International University College. Menjadi invited Speaker dalam internasional conference in Scincies, Technology, Education and Management (INSTEM) yang di helat di PICOMS International University College.

“Semenjak menjadi Ketua Prodi, banyak pengalaman dan kegiatan-kegiatan positif yang saya kerjakan. Contohnya membangun kegiatan english camp untuk menambah wawasan serta mempererat hubungan antara mahasiswa bahasa inggris. Mendirikan kursus bahasa inggris yang di kenal dengan Language Clinic di kampus, Tentunya dengan Bekerja sama dengan Pengurus HIMABI. Melaksanakan kegiatan subuh berjamaah bersama seluruh mahasiswa bahasa inggris di masjid Albaroqah Sudirman. Membawakan orasi ilmiah dalam kegiatan lomba-lomba di sekolah dan dalam kegiatan kepemudaan, sering diundang oleh sekolah-sekolah untuk menjadi juri lomba debate yang diadakan di lingkup Kota dan Kabupaten Bima,” ujarnya.

Pria perkasa yang di kenal dengan senyuman yang manis ini sering mengikuti debate. Sejak ia duduk di bangku sekolah dasar hingga sekolah menengah. Mewakili sekolah dalam lomba membaca puisi, cerdas cermat, pidato dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dan debate Bahasa Inggris.

Melalui pengalaman yang Ramli dapatkan sebelum ia masuk di bangku perkuliahan membuat dia aktif di beberapa organisasi internal maupun external kampus.

“Dulu, di masa kuliah, saya mewakili kampus dalam beberapa kegiatan lokal sampai nasional. Sering mengikuti bahasa Bahasa Inggris dan Indonesia. Pernah mewakili kampus untuk mengikuti lomba debat tingkat nasional setelah melewati seleksi regional. Ada banyak passion yang saya minati dan geluti salah satunya Public Speaking, dan sering di undang menjadi pemateri pada organisasi organisasi di kampus, maupun kegiatan rohis di SMA,” bebernya

Anak kelima dari enam bersaudara ini pernah menjadi adjudicator Of SIEC (SMA N 1 Maros) English Debate Champhionship (2015 dan 2016). Menjadi Adjudicator Bupati Cup English Debate Champhionship (2017), Adjudicator Of NUDC of kopertis VIII selection (2017).

Di tahun 2012, Ia menjadi The Speaker of international Ceminar of “EDUCATION AND CULTURE”  held by EDSA Universitas Muhamadiyah Makasar.

Pria yang kerap memakai kacamata ini juga pernah menjadi fasilitator (instruktur) dalam organisasi-organisasi Islam dalam beberapa kegiatan training. Dan, sejak semester V, ia sudah menjadi asisten dosen di Universitas Muhammadiyah Makasar.

Menurut anak kelima dari enam bersaudara ini, hidup adalah pilihan, Jika ingin menjadi orang hebat maka belajarlah dengan sungguh-sungguh jika tidak ingin menjadi orang hebat maka lakukanlah hal sebaliknya. “berpikir positif, itulah yang akan membuatmu menjadi orang yang lebih baik,” tutupnya. (*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60